Modul BSI Pemodelan Sistem Berbasis Objek Pertemuan 12

Modul BSI Pemodelan Sistem Berbasis Objek Pertemuan 12

Modul BSI Pemodelan Sistem Berbasis Objek Pertemuan 12

Pertemuan 12

State Machine Diagram
State Machine Diagram adalah teknik yang umum digunakan untuk menggambarkan behaviour sebuah sistem. Hal ini digunakan untuk membantu analis, perancang dan pengembang untuk memahami perilaku obyek pada sistem.

Tidak cukup hanya mengimplementasikan sebuah obyek, pengembang juga harus membuat obyek tersebut melakukan sesuatu. State diagram memastikan bahwa obyek-obyek tersebut akan menebak apa yang seharusnya dilakukan. Dengan gambaran yang jelas tentang perilaku obyek, kemungkinan tim pengembang akan memproduksi sebuah sistem yang sesuai dengan requirement.

Simbol
Simbol UML untuk state chart diagram adalah segiempat yang tiap pojoknya dibuat rounded. Titik awalnya menggunakan lingkaran solid yang diarsir dan diakhiri dengan mata.
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

UML juga memberi pilihan untuk menambahkan detil ke dalam simbol tersebut dengan membagi tiga area yaitu nama state, variabel dan aktivitas.
Pemodelan Sistem Berbasis Objek
State variabel seperti timer dan counter yang kadangkala sangat membantu.

Activity terdiri atas events dan action, tiga hal yang sering digunakan dalam activity adalah:
  • Entry
Apa yang terjadi ketika sistem masuk ke state
  • Exit
Apa yang terjadi ketika sistem meninggalkan state
  • Do
Apa yang terjadi ketika sistem ada di state

State, Event dan Transition
Statechart diagram menampilkan state-state yang mungkin dari sebuah obyek, event yang bisa dideteksi dan respon atas event-event tersebut. Secara umum, pendeteksian sebuah event dapat menyebabkan sebuah obyek bergerak dari satu state ke state yang lain yang disebut dengan transition. Sebagai contoh jika sebuah CD Player dalam keadaan terbuka, penekanan tombol load akan menyebabkan drawer CD Player berpindah ke state close, sebagaimana digambarkan sebagai berikut:

State, Event dan Transition
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Initial dan Final State
Gambar pada slide sebelumnya menjelaskan bagaimana ketika CD Player sedang dipakai, tetapi tidak menjelaskan apa yang terjadi ketika mesin di matikan atau dihidupkan.
Untuk menunjukkan perilaku ini kita bisa menambahkan initial state diagram. Gambar berikut ini menunjukkan bahwa initial state untuk CD Player selalu diposisi close setelah mesin dihidupkan. Tidak ada event yang harus dituliskan pada initial state.
Event yang menyebabkan final state bisa tercapai adalah saat CD Player dimatikan (event = off)

Initial dan Final State
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Guard Condition
Dalam gambar sebelumnya salah satu masalah adalah CD player tidak selalu pada state playing ketika tombol play ditekan. Seharusnya state playing dilakukan jika ada CD di drawer atau tetap dalam kondisi close jika tidak ada CD di drawer.
Untuk menampilkan informasi tersebut dengan statechart bisa ditambahkan guard condition untuk transition play. Guard condition adalah bagian spesifikasi dari transition dan ditulis dengan sepasang kurung kotak/[] sesudah nama event yang memberi label transition

Guard Condition

Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Jika ada lebih dari satu transition yang mempunyai hasil guard condition true, maka hanya ada satu saja yang akan dijalankan. Sebagai contoh anggaplah CD player pada posisi state open dan tombol play ditekan, yang pertama kali terjadi adalah drawer akan ditutup. Hal ini penting karena mesin akan bisa mendeteksi apakah ada CD atau tidak di drawer bila drawer dalam posisi tertutup. Dalam kondisi masih state open, guard condition dievaluasi pada transition play untuk melihat transition mana yang harus dijalankan. Jika CD ada, transition akan berubah dari open menjadi playing.

Action
Action ditulis setelah nama event dengan diawali tanda slash (/). Action bisa dideskripsikan dalam pseudo-code atau dengan menggunakan notasi bahasa pemrograman yang akan dipakai. Transition dapat membawa condition dan action sekaligus.

Action dibuat dalam bentuk pendek, mengandung bagian kecil dari proses yang tidak butuh waktu lama. Karakteristik action harus bisa selesai sebelum transition mencapai state yang baru. Hal tersebut mengindikasikan bahwa action tidak dapat diinterupsi oleh event yang lain yang mungkin dideteksi oleh obyek, namun tetap harus bisa selesai dilakukan. 

Action
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Entry dan Exit Action
Entry action dijalankan setiap saat jika state menjadi aktif, segera setelah action transition selesai. Sebagai contoh jika CD player dalam state open dan tombol play ditekan, drawer akan menutup dan transition play akan dijalankan. Hasilnya state playing menjadi aktif dan entry action pada state playing segera dilakukan. Exit action akan dijalankan kapanpun saat sebuah action ditinggalkan.
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Activity
Saat posisi state playing, melakukan sesuatu yang disebut memainkan current track dari CD, operasi ini yang disebut activity. Seperti pada action maka activity ditulis dalam state yang diawali dengan do.

Beda antara action dan activity adalah action lebih merupakan instance sedangkan activity merupakan perluasan dari waktu.

Ketika state menjadi aktif, entry action dijalankan dan activitynya dimulai. Activity berjalan secara kontinyu sepanjang periode dimana state tersebut aktif.

Entry action harus dijalankan sampai selesai sebelum obyek dapat merespon event apapun. Akan tetapi activity bisa diinterupsi oleh event apapun yang mengakibatkan transition keluar.
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Completion Transition
Completion transition adalah transition yang tidak mempunyai nama event. Ini bisa ditrigger ketika sebuah state activity internal berhenti secara normal tanpa interupsi oleh event dari luar. Ketika CD player dimainkan user bisa menekan tombol play atau stop untuk interupsi. Jika salah satu dari event ini terdeteksi maka track akan berakhir. Dengan demikian calon transition yang harus dijalankan tinggal completion transition. Yang terjadi berikutnya tergantung pada apakah track yang baru saja selesai adalah track terakhir atau bukan.

Completion transition mempunyai guard condition untuk membedakan diantara dua kasus. Jika yang baru selesai adalah track terakhir, transition pada state closed akan dijalankan dan CD berhenti, tetapi jika tidak transition ke dirinya sendiri akan dijalankan dan penhitung track akan naik, state playing akan masuk kembali dan CD player akan menjalankan track berikutnya.
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Internal Transition
Internal transition ditulis didalam state yang diberi nama dengan event yang menyebabkannya. Sebagai contoh adalah informasi yang ditampilkan dalam CD player.
Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Composite State
Composite state mempunyai properties sebagai berikut:
  1. Jika composite state active, salah satu dari sub state harus aktif.
  2. Jika sebuah event terdeteksi ketika sebuah obyek ada didalam composite state, maka akan bisa mentrigger transition keluar dari composite state itu sendiri maupun dari sub state aktif saat itu.
Sebagai contoh, asumsikan CD player dalam state closed, jika event load terdeteksi transition state open akan dijalankan dan state open menjadi aktif. Ini adalah transition internal dari state not playing dan masih aktif tetapi dengan sub state aktif yang lain.

Sebaliknya jika event play terdeteksi, tidak ada transition bernama “play” yang meninggalkan state closed. Namun ada beberapa transition yang meninggalkan state no play. Jika state ini aktif, transition akan menjadi enable, tergantung apakah ada CD didrawer atau tidak. Jika CD ada, state play menjadi aktif, jika tidak state closed menjadi aktif. Hal ini berarti self-transition meninggalkan state not play.

History State
Ketika tombol pause ditekan, maka saat tombol play ditekan lagi CD player otomatis akan melanjtkan jalannya CD dari kondisi terakhir pada saat tombol pause ditekan dan tidak memulai dari awal lagi.

UML menangkap ide ini dengan mengunakan history state yang dinyatakan dengan huruf H dalam lingkaran. Cara kerja history state dilakukan dengan cara composite state  mengingat sub state yang aktif saat obyek keluar dari transition composite state. Dengan adanya transition ke history state akan mengakibatkan substate yang saat ini aktif akan menjadi aktif lagi

History State
Pemodelan Sistem Berbasis Objek


Modul BSI Pemodelan Sistem Berbasis Objek Pertemuan 12

2 komentar :

  1. Terimakasih Banyak Ya .. Artikel nya sanagat memabantu Saya.. :)

    BalasHapus
  2. Ok mas brow.... :D
    saling bantu ajjh...
    ^_^

    BalasHapus